Selasa, 02 Juli 2013

Salat Khusyuk dengan Ilmu Tauhid



Jakarta - Kita tahu bahwa salat itu wajib. Tapi harus kita akui bahwa salat khusyuk itu tidak mudah. Bahkan ada yang untuk khusyuk saja tidak terpikirkan, yang penting salat. Padahal Allah SWT memerintahkan kita salat pasti untuk kebahagiaan dan keselamatan kita.

Salat begitu penting sehingga disebut juga sebagai tiang agama. Artinya, jika salatnya rubuh, agamanya pasti rubuh. Salatnya tegak, maka agamanya tegak. Mengapa kita rajin shalat, tapi pengaruhnya kurang. Pasti ada yang harus kita perbaiki. Mengapa salat kita kurang khusyuk, mungkin nasehat Lukman kepada anaknya ini yang bisa kita renungkan sebagai salah satu kuncinya.

QS Lukman 13 & 17: "Dan ingatlah ketika Lukman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, “Wahai anakku! Janganlah engkau menyekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar."



"Wahai anakku! Laksanakanlah salat dan suruhlah (manusia) berbuat yang makruf, dan cegahlah (mereka) dari yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk perbuatan yang penting."

Nasehat perintah salat itu sesudah nasehat tauhid. Ketika orang sudah tahu kepada siapa ia salat, bagaimana hebatnya yang disembah; dahsyatnya kekuasaan yang disembah, maka bisa langsung berefek kepada kekhusyukan. Coba saja apabila kita akan menghadap seseorang. Misalkan ketika kita akan bertemu dengan seseorang yang hebat kekuasaannya, bisa melindungi, memberi dan mencukupi, pasti berbeda perlakuannya dibanding kita bertemu dengan orang yang biasa saja.

Maka salat khusyuk itu berkaitan dengan tauhid. Makin kenal kepada Allah SWT, makin yakin Allah SWT Maha Melihat; Allah Maha Mengetahui; Maha Tahu isi hati; Allah Maha Kuasa Menolong Melindungi; hanya Allah satu-satunya yang memberi; yang mencukupi; yang membela, maka dengan itu shalat akan lebih baik. Jadi bila ada yang bertanya mengapa salat kita belum khusyuk, karena boleh jadi penyebab utamanya kepada Allah kita belum begitu kenal.

Dalam QS Al Baqarah: 45, “Dan mohon pertolonganlah kepada Allah dengan sabar dan shalat. Dan shalat itu sungguh berat, kecuali bagi orang-rang yang khusyuk.”

Jadi, orang-orang yang khusyuk itu adalah orang-orang yang yakin kepada Allah. Bila ingin lebih khusyuk, juga mesti belajar ilmu Allah.

Salah satu tulisan Aa di : http://ramadan.detik.com/read/2013/07/01/164050/2289249/1422/salat-khusyuk-dengan-ilmu-tauhid

13 komentar:

  1. mohon tipsnya donk A, mulai dari persiapan sampai mempertahankan seluruh rakaat bisa khusyuk, kadangkala bahkan seringkali atau setiap saat mlakukan shalat saya hanya bisa full khusyuk hanya pada rakaat awal (satu sampe dua saja) sedangkan rakaat selanjutnya pikiran mulai tercampur baur dengan aktifitas sehari-hari, mikirin hutang, anak-anak, bahkan sampe bayaran listrikpun ikut nimbrung di sholat saya bahkan lebih parah lagi ketika sholat di masjid pada saat saya berdiri sholat seolah-olah selalu diperhatikan oleh para hadirin yang ada dibelakang shaf blakang, jadi mohon tipsnya lebih komplit lagi a, Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mau kusyuk gimana mas.....la wong kita sendiri masih belum tau faham dan mengert sholat itu sendiri,......karena selama ini yg mengajari kita sholat juga gak tau faham dan mengert tentang sholat itu sendiri........, kita taunya sholat untuk Allah selama ini....padahal Allah gak butuh tuh sholat kita ....yg butuh sholat itu kan kita sebagai manusia yg terlalu banyak dosa...kepada Allah,dan orang tua kita,yg tidak pernah menjadi manusia seutuhnya manusia,.....orang yg senangnya berislam doang tapi gak berani beriman dengan sebenar-benarnya iman,...karena takut sengsara,hidup susah dalam kemiskinan,kekurangan,....yg belajar agama hanya mengambil yg enak-enak saja , kalau tidak menguntungkan, atau dapat pahala dan surga gak mau melakukannya,......maunya yg mudah dan gampang serta dapat pahala dan surga ,dan kalau bisa hidup berkelimpahan selama di dunia ......trus darimana kita bisa belajar kusyuk dalam sholat,....selama kita tidak mau menuntut pengetahuan tentang Allah Robbul Jallal,....yg penuh dengan resiko yg semuanya di takutkan oleh sebahagian besar manusia,....termasuk kalangan ustad dan para kiyai?.....mohon di pikirkan dan diresapi dalam -dalam.....semoga kita semua mendapatkan petunjuk dari Allah SWT.....amin.

      Hapus
  2. Sholat kusyuk itu harus didasari dengan yang ilmunya Syariat,setelah itu masukkan kepada ilmu Hakikat.Siapa yang memahami atsa jalan keduanya maka insya Allah kekusyukan dalam sholat akan didapat dan sempurna ibadahnya.

    BalasHapus
  3. sesungguhnya yang dimaksud dengan sholat yaitu ingat,Mengapa nabi muhammad menciptakan sholat 5 waktu karena didalam sholat 5 waktu mengandung arti yang apabila arti tersebut dikerjakan maka kita akan terhindar dari perbuatan keji dan mungkar, saya akan menjabarkan arti dari sholat 5 waktu :
    tadi saya sudah mengartikan bahwa yang di maksud dengan sholat adalah ingat kepada Allah SWT.
    1. ISYA :arti dari Isya yaitu jalan, Niat sholat Isya artinya kurang lebih : Ya Allah saya niat ingat engkau diwaktu (Isya) jalan yang maksudya adalah diwaktu Jalan jalan, duduk, atau dalam keadaan apapun akan selalu ingat kepada engkau ya Allah, ternyata sebagian orang setelah sholat Isya dalam keadaan duduk atau berdiri mengingkari janjinya untuk menengingat Allah.
    2. SUBUH : Arti dari Subuh adalah terbit fajar : Ya Allah Saya niat ingat kepada engkau diwaktu fajar sampai tergelincirnya mathari ya Allah, ternyata sebagian orang setelah sholat subuh mengingkari janjinya untuk menengingat Allah.
    3.DHUHUR : Arti dari dhuhur adalah Tergelincincirnya matahari : Ya Allah Saya niat ingat kepada engkau diwaktu tergelincirnya matahari sampai terbenamnya matahari ya Allah, ternyata sebagian orang setelah sholat dhuhur mengingkari janjinya untuk menengingat Allah.
    4. ASHAR :arti dari Ashar yaitu waktu : Ya Allah Saya niat ingat kepada engkau diwaktu kapan saja ya Allah, ternyata sebagian orang setelah sholat Ashar diwaktu kapan saja mengingkari janjinya untuk menengingat Allah.
    5. Magrib arinya barat :Ya Allah Saya niat ingat kepada engkau di barat timur utara maupun selatan ya Allah, ternyata sebagian orang setelah sholat Ashar mengingkari janjinya untuk menengingat Allah.
    Artinya : maka apaila kita melaksanakan sholat lima waktu dan mengingkari janji kepada Allah maka Allah mengancam dalam Al-qur'an fawaylun lilmushalliina, alladziina hum 'an shalaatihim saahuuna, : Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya
    - setelah itu kita artikan gerakan sholat :
    1. Takbirotul ikram : artinya tegak maksudnya adalah tegakanlah keadilan dirikanlah kebenaran jujur sabar dan tawakal
    2. Ruku : Kepada dan Bokong sama artinya tidak ada didunia ini orang yang paling hebat tidak ada kesombongan dalam diri manusia Hanya Allah yang maha besar
    3. Sujud : saling menghormati diantara semua manusia dan saling menyayangi semua mahluk hidup
    4. tumaninah : tidak boleh menggunjing orang
    5. salam : Tengok kanan dan kiri, apabila ada orang yang kesusahan wajib kita bantu
    demikian apabila kita bisa melaksanakan yang ada dalam gerakan sholat maka sudah bisa dikatan mendirikan sholat dan insya Allah pasti terhindar dari perbuatan keji dan mungkar dan intinya kita harus ingat kepada Allah 24 Jam.

    BalasHapus
  4. thx semua masukan ilmu nya bang, ini sangat membantu saya yang farkir ini, membantu saya yang amat sangat ingin bernafsu untuk lebih dekat mengenal ALLAH tak lain ini adalah hidayah ALLAH yang sudah melembutkan hati saya juga membuka mata hati saya. semoga saya dapat mengamalkan nya, dan semoga kita semua dapat berkumpul dan bertemu nanti di jannah nya ALLOH. Aamin Allohumma aamin.. ;)
    salam rindu dari saya ..

    BalasHapus
  5. Salam.......
    Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya (QS : Qaaf - ayat 16)
    Coba renungkan kalimat "Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya"
    Maha Besar Engkau ya Allah.....
    Agar shalat bisa khusyu, maka anda harus mengenal hamba dan Allah.
    Maka dari itu temukan dahulu apa yang harus dalam hal ini, carilah ilmunya kepada orang yang benar agar tidak salah, karna itulah kenapa kita dibekali akal dan pikiran oleh Allah.
    Wassalam.................

    BalasHapus
  6. Cucu Brawijaya V8 Oktober 2014 09.20

    Sholat itu 17rakaat, knp berbeda? ada 2rakaat, 4rakaat, 4rakaat, 3rakaat, dan 4rakaat.. Karena masing2 ada Syareatnya di Manusia, sejumlah 17unsur. Di dalamnya jg ada malaikatnya, Nabinya, bentuknya, aksaranya, letaknya.. Semua ada di diri manusia... Semoga Allah SWT memberi pencerahan untuk Kita semua...

    BalasHapus
  7. "Jadi bila ada yang bertanya mengapa salat kita belum khusyuk, karena boleh jadi penyebab utamanya kepada Allah kita belum begitu kenal".
    Aa sendiri sudah kenal belum dengan Allah?
    Kalo cuma Allah itu maha melihat, mendengar, maha segala-gala nya anak SD jg tahu. Mohon penjelasannya...

    BalasHapus
  8. Artikel yang bagus, semoga Alloh SWT memberi barokah kepada Anda...
    by :
    layanan aqiqah solo

    Barokallohufiyk...

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  10. Syukron akh atas artikelnya yang sangat bermanfaat. Jazakallah fii khair.
    izin copy ke web saya transparan.org ya akh

    BalasHapus


  11. https://drive.google.com/file/d/0B6ut4qmVOTGWMkJvbFpZejBQZWM/view?usp=drivesdk

    Web: almawaddah.info


    Salam


    Kepada:

     

    Redaksi, rektor dan para akademik


    Per: Beberapa Hadis Sahih Bukhari dan Muslim yang Disembunyikan


    Bagi tujuan kajian dan renungan. Diambil dari: almawaddah. info

    Selamat hari raya, maaf zahir dan batin. 


    Daripada Pencinta Islam rahmatan lil Alamin wa afwan

    BalasHapus